Dilaksanakannya PAW Anggota DPRD Rohil Dari Partai Berkarya Rohil

ROHIL – DPRD Rohil paripurna istimewa pemberhentian anggota DPRD Rohil M Firdaus NZ SSos MIP dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Penganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Rohil Sahrul Alfindra SPd masa jabatan 2019-2024. Berlangsung di ruangan rapat paripurna DPRD Rohil di Batu Enam, Bagansiapiapi, Sabtu (16/3/2024).

Ketua DPRD Rohil Maston SH pada penyampaian pembukaan sidang mengatakan dilaksanakannya rapat paripurna itu sesuai dengan aturan yang berlaku.

PAW anggota DPRD seiring dengan telah ditetapkannya keputusan gubernur tertanggal Nomor KPTS: 288/III/2024 tanggal 8 Maret 2024 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Rohil atas nama Muhammad Firdaus dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Rohil atas nama Sahrul Alfindra SPd masa jabatan 2019-2024.

Berpedoman pada UU Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD serta Peraturan DPRD Rohil Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib.

Bahwa pimpinan Partai Berkarya Rohil mengusulkan PAW anggota DPRD dari Partai Berkarya kepada pimpinan DPRD Rohil untuk diteruskan kepada gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat guna diproses sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan ketentuan terang Maston, pimpinan DPRD menyampaikan kepada gubernur melalui Bupati Rohil usulan dari pimpinan partai politik yang bersangkutan serta telah ditindaklanjuti dan telah ditetapkan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts: 288/III/2024 tanggal 8 Maret 2024 tersebut.

Sesuai surat keputusan gubernur, berpedoman pada ayat 1 dan 2 pasal 142 peraturan DPRD Rohil Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib PAW sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji yang dipandu oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna istimewa yang dilaksanakan paling lama 60 hari terhitung sejak diterima surat keputusan peresmian pengangkatan sebagai anggota DPRD.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut, Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Rohil telah menetapkan jadwal rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka peresmian pemberhentian anggota DPRD Rohil atas nama Muhammad Firdaus dan peresmian pengangkatan anggota DPRD PAW Anggota DPRD Rohil atas nama Sahrul Alfindra, SPd masa jabatan 2019-2024 dari Partai Berkarya yang dilaksanakan pada 16 Maret 2024 ini,” kata Maston. (Mel)

 

Related posts