Kajati Akmal Abbas Hadiri Rakor Forkopimda Provinsi Riau Perayaan Nataru 2024

PEKANBARU| Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Akmal Abbas, SH, MH menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda Provinsi Riau terkait perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Disampaikan Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Riau Bambang HeriPurwanto, SH, MH, sekira pukul 09.00 Wib, Bertempat di Balai Serindit Aula Gubernuran, Kamis (21/12/2023).

Sejumlah prediksi dari masalah yang mungkin akan terjadi menjelang Nataru dibahas dalam rapat. Seperti adanya peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga di setiap Nataru.

Kemudian, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi serta potensi gangguan keamanan dan penyelamatan masyarakat hingga faktor cuaca ekstrim. Serta memastikan ketersediaan stok BBM, LPG, dan listrik.

Dalam pelayanannya Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, SIP menyampaikan Komoditi kondisi inflasi pada November Tahun 2023 ini yaitu pendidikan 0% Perumahan air listrik bahan bakar rumah tangga 0,01%, makanan minuman dan tembakau 2,07% , kesehatan 0,01% sedangkan komoditi pengekangan inflasi pada November 2023 ini yaitu rekreasi olahraga dan budaya minus 0,04% dan perlengkapan rumah tangga 0 minus 0,66%. Sesuatu yang mempengaruhi kita di sini yaitu menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Koperasi usaha kecil menengah Provinsi Riau melakukan pemantauan terhadap pergerakan harga dan pasokan pangan untuk mengantisipasi kenaikan harga yang melebihi kondisi normal, Bulog untuk mengetahui stok pangan di tingkat provinsi Riau kemudian juga melakukan operasi pasar di berbagai tempat semua tentu dalam rangka untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi timbulnya gejala-gejala yang menyebabkan inflasi terjadi seperti beberapa waktu yang lalu hanya disebabkan masalah Cabe yg inflasi sampai 7%,”kata Gubri.

Selanjutnya Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, SIP menyampaikan Antisipasi terhadap gangguan cuaca curah hujan yang tinggi pada akhir tahun ini dapat mengganggu lancarnya arus distribusi barang dan kebutuhan pokok. Provinsi Riau akan terus melakukan kerjasama untuk ketersediaan pangan dengan provinsi penghasil pangan yang ada di pulau Jawa karena kita tahu bahwa sebagian besar kita ini sangat tergantung dengan provinsi-provinsi sekitar Riau hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai nanti terjadi kelangkaan. Monitoring dan pengawasan terhadap distributor barang kebutuhan pokok dan penjualan barang distribusi agar semuanya bisa tepat sasaran.

Diakhir Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, SIP menyampaikan Kondisi dan kondisi potensi bencana alam juga dihampir seluruh wilayah Riau baik pagi sore siang maupun malam sangat mungkin bisa terjadi longsor akibat hujan yang terus-menerus kemudian juga potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat ini juga yang sering disertai dengan petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Riau terutama di bagian Utara dan Barat dan biasanya terjadi pada siang dan sore maupun malam hari sedangkan longsor dan angin puting beliung di wilayah Riau umumnya berada dalam kategori menengah artinya dalam skala yang besar itu mungkin tidak terjadi,”ujar Gubri.

Selanjutnya Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH, MH menyampaikan beberapa hal penting yang dibahas terkait Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Riau terkait Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 yaitu pentingnya untuk melakukan fungsi pengawasan, terkait dengan pendistribusian BBM, gas dan beras, jangan sampai terjadi kontrol yang kurang, sehingga terjadi gangguan dalam distribusinya. Apalagi dalam masa menghadapi kampanye Pileg dan Pilpres, jangan sampai hal ini menjadi salah satu kerawanan di masyarakat dalam hal kamtibmas, ini yang kita antisipasi bersama, maka pengawasannya yang kita jadikan atensi bersama.

Diakhir interaksinya Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menyampaikan dengan adanya berbagai persiapan ini, kita tinggal memperkuat koordinasi dalam pelaksanaannya. Eksekusi di lapangan hanya akan berjalan baik, manakala komunikasi dan koordinasi kami lakukan dengan baik,”papar Kajati Riau.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, SIP, Kapolda Riau diwakili oleh Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH, Danrem 031 WB dihadiri Kasrem , Kolonel Inf Ahmad Daeng Leo, Danlanud RSN Marsma TNI Feri Yunaldi, SE, M.Han, Ka PTA Dr. H. Harun S, SH, MH, Danlanal perwakilan Palaksa Letkol Laut (PM) Priatno, SH, MH, Kabinda Riau Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso, MM, Ka PT perwakilan Hakim Tinggi Ahock Tantowi Jauhari, SH, MH, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si dan Tamu undangan lainnya.

Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Riau terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar,”pungkas Bambang HeriPurwanto. (Anthony)

Related posts