KPU Rokan Hilir Gelar Kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Media

BAGANSIAPIAPI| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir Mengelar kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Media Kabupaten Rokan Hilir Untuk Pemilu Tahun 2024, di aula media center KPU, Jalan Kecamatan Batu 4 Bagansiapiapi, Rabu (13/12 /2023).

Ketua KPU Rokan Hilir Suprianto, membuka langsung sosialisasi tatap muka kepada media didampingi Komisioner Hendra S.E, Hasbullah Rambe,S.H, Hidayat (Datuk) dan EkA Murlan S.E, Sy.

Dalam Berbagai Ketua KPU, mengucapkan selamat datang kepada para rekan-rekan dan para sahabat media pers, dalam kesempatan ini kami selaku penyelenggara pemilu untuk menyebarkan tahapan pemilu yang mana tahapan pemilu ada 11, tahapan 6 telah kita selesaikan, dan menjelang 62 hari pemilu dan tahap kampanye , tentunya kami sebagai penyelenggara pemilu bersuka rela dan mengharapkan partisipasi media dan peran media untuk mensukseskan pemilu tahun 2024, bagai mana tingkat partisipasi masyarakat datang ke TPS lebih banyak.

Ada pun penyelenggaraan pemilu sebagai aktor KPU dan media, media merupakan aktor yang memiliki peran sangat penting dalam menyukseskan pemilu atau menyebarkan informasi luas kepada masyarakat melalui tahapan pemilu.

Juga sebagai kontrol peserta pemilu untuk menghindari kecelakaan dari pemilu, proses pemilu pelaksanaan pemilu untuk kedepannya lebih tinggi dari sebelumnya,”kata Ketua KPU.

Kemudian lanjut komisioner Hidayat (Datuk), tahap pemilu sudah sampai tahapan kampanye sudah tidak terasa untuk pemilu tinggal 62 hari lagi, kita akan melakukan hal pemilah ke TPS. Dalam demokrasi ada 8 pilar, peran media menjadi pilar ke 4 sebagai corong demokrasi,ā€¯ujarnya.

Bagian perencanaan data dan informasi KPU Rohil Hendra, SE, peran media sangat penting dalam mensukses pemilu tahun 2024. Sangat penting kegiatan tatap muka ini kami lakukan.

Pemutahiran data pemilih 168 TPS, di 18 Kecamatan Laki-laki 223.490. Perempuan 214.049. L+P total keseluruhannya berjumlah 437.539 pemilih.

Jumlah daftar calon legislatif berjumlah 569 calon tetap dari 18 partai politik, calon perempuan memenuhi semua partai politik berdasarkan sistem sekitar 37,78 persen.

Jumlah Badan AD HOC Pemilu Tahun 2024 Kabupaten Rokan Hilir., PPK 90 orang, Seketaris 54 orang, PPS, 552 orang, Seketaris PPS 552 orang, KPPS 13.076 orang, Petugas Pengamanan TPS 3.736 orang.

Pasal 26 PKPU Nomor 15 tahun 2023

Pertemuan terbatas

Pertemuan tatap muka dan dialog

Rapat umum

Penyebaran bahan kampanye kepada umum

Logistik Pemilu

Kotak suara

Bilik suara

Segel

Segel plastik

Tinta

Logistik sedang dalam proses

Surat suara

DCT

Formulir Sampel

Alat Kelengkapan Pemungutan

Suara

Plastik

Dll,”papar Hendra.

Divisi Hukum KPU Abdullah, bahwa KPU sekarang ini bertugas ada 11 tahap, diantaranya 6 tahapan yang sudah kita laksanakan dengan baik dan lancar, tahap untuk di Rokan Hilir tidak ada perlawanan, tahap verifikasi parpol dan verifikasi bakal calon legislatif Administrasi, pencalonan DPD verifikasi tidak ada permasalahan dan perselisihan.

Alhamdulillah semua logistik sudah sampai di KPU, dan yang masih dalam proses agar cepat di antara logistiknya di kantor KPU Kabupaten Rokan Hilir, kami mengharapkan dukungan kita semua untuk mensukses pemilu tahun 2024.

“Berdasarkan KPU nomor 15, untuk Alat Peraga Kampanye (APK) tidak boleh menempatkan fasilitas umum seperti rumah sakit, rumah ibadah dan sekolah, tidak boleh menggunakan simbol negara, pemasangan APK di halam rumah orang harus mendapatkan izin dari punya rumah, dan tanah lapang harus mempunyai izin punya tanah,”ungkapnya.

Diseksi terakhir di adakan dialog antara KPU dan rekan-rekan media kabupaten Rokan Hilir terkhusus Bagansiapiapi. (Antoni)

Related posts