Yang Habis Masa Jabata, Kepenghuluan Digelar Segera Pilpeng Serentak

Rohil – Pemerintah daerah Rohil akan mengelar pemilihan kepenghuluan (pilpeng) serentak pada tahun ini. Hal itu menyusul terdapat puluhan datuk/datin penghulu yang segera habis masa jabatannya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP pada satu kesempatan membenarkan, pemkab telah mempersiapkan langkah awal agar puluhan kepenghuluan yang habis masa jabatannya itu dapat segera dilaksanakan pilpeng serentak.

“Pelaksanaan pilpeng serentak tahap pertama tersebut diharapkan dapat digelar pada tahun ini, mengingat sudah banyak yang habis masa jabatannya,” kata Afrizal. Sebagai langkah awal dirinya telah mengingatkan dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil untuk menginventarisir kepenghuluan yang habis masa jabatan, serta melakukan koordinasi dengan pemerintahan di tingkat desa sebagai langkah awal untuk berkomunikasi tentang rencana pelaksanaan pilpeng tersebut.

Sementara dipastikan sebagai bagian dari tahapan persiapan pilpeng, nantinya akan ada pelaksanaan kegiatan warkah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohil. Langkah itu dilakukan sebagai pembekalan, penguatan kapasitas bagi setiap calon datuk/datin penghulu agar lebih memahami dan bersedia memperkuat budaya Melayu di daerah yang akan dipimpinnya masing-masing.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rohil KH Nasrudin Hasan membenarkan dalam waktu dekat terdapat sebanyak 27 kepenghuluan yang bakal melaksanakan pilpeng serentak di Rohil, sesuai dengan Perda yang telah dibuat LAMR akan membuat warkah kepada setiap calon penghulu agar mereka mengetahui lebih dalam tentang adat istiadat Melayu Riau khususnya di Rohil.

Materi yang akan disampaikan misalnya tentang tentang hantaran belanja, tentang adat istiadat Melayu Rohil, sejarah kemelayuan di Rohil, dan sebagainya. Sehingga lewat kegiatan pembekalan warkah LAMR Rohil diharapkan calon penghulu mengerti tentang adat budaya yang ada. (Ant)

Related posts