Kinerja Baik, BUMD PD SPR Akan Serahkan Dividen ke Pemkab Rokan Hilir

ROKAN HILIR – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Rokan Hilir (Rohil) yakni PD SPR menunjukkan meningkatnya kinerja yang baik. Sejumlah pembenahan telah dilakukan disisi lain juga menghasilakn laba yang akan disetorkan ke kas daerah (kasda) sehingga bisa dipergunakan untuk lebih luas lagi manfaatnya bagi masyarakat.

Dikatakan Plt Dirut BUMD PD SPR Rohil Rahmad Hidayat didampingi direktur Keuangan Zulfakar di Bagansiapiapi, Rabu (22/3/2033) di Bagansiapiapi.

Pada kesempatan itu Rahmad menguraikan, salah satu tujuan penting keberadaan BUMD sebagai sarana perbaikan, peningkatan pelayanan disisi lain mendatangkan income serta menumbuhkan lapangan kerja. “Dan juga memberikan laba bagi daerah berupa dividen, PAD dan Alhamdulillah hal itu tercapai,” kata Rahmad.

Ia menerangkan sebagai bukti dari perbaikan kinerja tersebut pada periode 2016-2020 pihak BUMD menghasilkan laba Rp1,6 miliar lebih. Berlanjut di periode sekarang, yakni 2021-2026 dimana pada rentang 2021 hingga 2022 saja sudah mencapai laba Rp700juta lebih.

“Namun karena ada ketentuan baru boleh setor dividen ketika saldo dana positif dan ini pelan pelan diperbaiki Alhamdulillah tahun ini sudah dapat dinormalkan sehingga bisa setor dividen khusus 2022 laba usaha berkisar Rp452juta,” kata Rahmad Hidayat.

Selanjutnya kata Rahmad, seiring dengan adanya Participating Interest (PI) salah satu blok migas yakni Blok Siak dimana dengan proses yang cukup panjang, tercapai besaran sharing dari PI sebesar Rp2,8 miliar yang merupakan perhitungan per-Januari 2017 hingga November 2022.

“Dengan support PI ini kami bersiap melakukan ekspansi, terobosan lebih lagi,” kata Rahmad Hidayat.

Ditambahkan dengan laba usaha Rp456juta lebih, serta dukungan PI maka bisa penormalan saldo laba yang sebelumnya negatif.

Berdasarkan diskusi dengan BPK Riau tambahnya dimana besaran dividen yakni 55 persen dari saldo laba, sehingga dari total Rp1,4 miliar lebih tersebut akan disetorkan ke kasda nantinya lebih kurang Rp800juta.

“Dalam waktu dekat kami akan setorkan dividen tersebut ke kasda,” kata Rahmad Hidayat. (Ant)

Related posts