Keberadaan Program Regsosek, Demi Sasaran Pembangunan Sosial Ekonomi

ROHIL – Program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) menjadi hal yang penting untuk dapat dituntaskan, asalkan didukung dengan tingkat kesadaran yang baik dari seluruh masyarakat.

Keberadaan regsosek dapat menjadi penopang sebagai pencapaian big data yang bisa menjadi instrumen bagi pemerintah untuk melakukan kebijakan atau langkah strategis berkaitan dengan sasaran pembangunan ke arah perubahan sosial, ekonomi yang baik.

Dengan demikian Regsosek diharapkan dapat menyediakan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Pelaksanaan Regsosek tergabung dalam gugus tugas pendataan yang berkoordinasi dengan penyelenggara satu data Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai leading sektor kegiatan tersebut dijadwalkan 15 Okt – 14 Nov 2022 melaksanakan Pendataan Awal Regsosek di seluruh di Indonesia. Dimana petugas Regosek mendatangi setiap rumah penduduk untuk melakukan wawancara dan mencatat data sosial ekonomi masyarakat.

Berkaitan dengan itu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP mendapat kehormatan sebagai warga di Kabupaten Rohil yang pertama mengikuti kegiatan pendataan awal Regsosek yang dilaksanakan petugas Regsosek Kabupaten Rohil.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh petugas yang mendatangi bupati di rumah dinas Bupati Rohil di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Sabtu (15/10/2022).

Bupati beserta keluarga yang menjadi responden pertama pendataan awal Regsosek tersebut menyambut baik kunjungan serta menjawab pertanyaaan petugas dengan antusias.

Petugas yang hadir saat itu didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rohil Rozalinda, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil Zuhri, serta tim Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rohil.

“Tujuan dipilihnya Bupati Rohil beserta keluarga sebagai responden yang pertama kali didata oleh petugas Regsosek Rohil 2022 adalah agar Bupati menjadi motor penggerak awal supaya masyarakat Kabupaten Rohil bersedia dilakukan pendataan oleh petugas Regsosek Rohil,” kata Kepala BPS Rohil Rozalinda.

Setelah Bupati Rohil bersedia menjadi responden, maka masyarakat Rohil yang diminta menjadi responden sehingga bisa menyambut dan menjawab pertanyaan petugas serta memberikan data yang valid serta akurat.

Afrizal diwawancarai langsung oleh Ketua Tim Pelaksanaan Pendataan Awal Regsosek BPS Rohil, Irfaldo Riocaesar.

Pada awal pembahasan, bupati memberikan testimoni terkait pendataan awal Regsosek tersebut. Dalam testimoninya, Bupati mengajak seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar mau menerima dan menyambut petugas awal Regsosek dengan baik serta menjawab pertanyaan dengan sejujurnya.

“Karena data yang dihasilkan Regsosek ini nantinya akan menjadi data terpadu sosial ekonomi seluruh masyarakat untuk program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” kata Afrizal.

Dirinya juga berharap agar pelaksanaan pendataan awal Regsosek di Rohil yang berlangsung pada 15 Oktober sampai 14 Desember 2022 dilakukan serentak di seluruh Indonesia berjalan dengan baik. (adv)

Related posts