DPRD Rokan Hilir Sepakati Percepatan Penanganan Kemiskinan di Daerah

ROKAN HILIR – Upaya percepatan penangulangan kemiskinan di kabupten Rokan Hilir diperlukan kesamaan persepsi dan penguatan komitmen pemerintah daerah sekaligus pihak-pihak lainnya untuk menyusun strategi percepatan penangulangan kemiskinanan yang efektif dan efisien dan diintegrasikan pada dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Seperti diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir Maston menyikapi koordinasi dan asistensi penyusunan dokumen penanggulangan kemiskinan di lingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kamis (3/11/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati H Sulaiman SS MH. Dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama (KSB) tentang penanggulangan kemiskinan dan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Rohil oleh seluruh kepala OPD dan camat se-Rohil.

Visi kabupaten pada RPJMD 2021- 2026 yakni menuju Rohil yang maju, religius dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal.

Untuk dapat mewujudkan visi kabupaten Rohil perlu ditingkatkan pembangunan sumber daya manusia dan pemerataan pembangunan, dibutuhkan kerja yang serius, fokus pada lokus dan modus intervensi, serta membutuhkan kerja kalobratif semua pihak.

Angka kemiskinan di kabupaten Rohil berada pada angka 7,18 Persen, sedikit di atas rata-rata provinsi Riau yakni 7 persen pada tahun 2021 dengan jumlah penduduk miskin 51,97 ribu jiwa. Sementara itu, kondisi kemiskinan ekstrim di kabupaten Rohil sebagaimana yang telah dirilis oleh BPS adalah angka 2,06 persen atau sekitar 15.160 Jiwa.

Hal ini menempatkan kabupaten Rohil pada posisi ketiga dari sisi persentase dan posisi kedua dari sisi jumlah kemiskinan ekstrim se-Provinsi Riau.

Ketua DPRD Maston ungkap DPRD siap mendukung langkah yang dilaksanakan pemerintah daerah untuk penanggulangan kemiskinan, apalagi jika program yang disusun oleh pemerintah daerah merupakan program yang benar-benar menyentuh langsung kepada masyarakat. (Ad)

Related posts