Tim Asesor dari BAN Sekolah/Madrasah Lakukan Visitasi di SDN 006 Bagan Barat

ROHIL – Tim asesor visitasi akreditasi tahun 2022 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) melakukan kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen akreditasi, instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung (IPDIP), mengacu pada petunjuk teknis pengisian instrumen akreditasi serta observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan kondisi lingkungan sekolah/madrasah.

Salah satu kunjungan kegiatan visitasi tersebut di SD Negeri 006 Bagan Barat Kecamatan Bangko, Senin (10/10/2022) kemarin.

Asesor BAN S/M Sabariah SHi MSy didampingi Zayyinul Hayati Zen ST MT menyebutkan dari BAN Riau bertugas melakukan visitasi untuk tingkat SD dalam proses akreditasi bagi sekolah.

“Kami melihat bagaimana kondisi sekolah, pelaksanaan apakah sesuai dengan standar pendidikan nasional kita,” katanya. Diterangkan terdapat empat komponen yang menjadi penilaian, yakni mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen.

Hal itu mengalami perubahan dari sebelumnya terdapat delapan komponen namun sekarang sudah lebih ringkas lagi. Sehingga terangnya untuk yang sekarang penilaian lebih pada kinerja, melihat bukti kinerjanya sejauh mana prosesny.

Hasil dari visitasi itu akan dilaporkan ke BAN dan dalam dua pekan akan dilakukan verifikasi. Sementara itu pihak sekolah diberikan waktu komplain sekitar 14 hari jika merasa hasil yang disampaikan tidak sesuai dengan yang dilaporkan ke BAN setelah proses yang ada telah dijalani baru nanti hasilnya dirilis.

Kepala sekolah SDN 006 Bagan Barat Hj Asbianti SPd mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan terkait dengan komponen yang akan dinilai dan mengupload sesuai dengan ketentuan.

“Hasilnya bagus, kami sampaikan sesuai dengan keadaan kami dan Insya Allah bagus, targetnya A mudah-mudahan,” katanya. (Rilis)

 

Related posts