Lapas Bagansiapiapi Melaksanakan Upacara HDKD ke-77 Tahun dan Tasyakuran

ROHIL – Lapas Kelas II A Bagansiapiapi gelar peringatan HDKD ke-77 Tahun 2022, yang dipusatkan di Lapas Bagansiapiapi dengan mengelar kegiatan upacara melibatka segenap pegawai di lingkungan Lapas, Jumat (19/8/2022). Peringatan HDKD dengan apel bersama dengan serangkaian prosesi seperti pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia (RI), serta pembacaan teks Pancasila.

Dilaksanakannya upacara itu merupakan puncak dari peringatan HDKD ke-77, pada tahun 2022 ini. Disamping itu dilaksanakan juga tasyakuran dengan memotong tumpeng yang dihadiri para petugas/pegawai lapas serta dari kalangan dharma wanita (DW) di lingkungan Lapas Bagansiapiapi.

Inspektur upacara membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoli dimana dalam sambutan itu disampaikan bahwa peringatan HDKD adalah hari yang istimewa bagi jajaran Men KUM HAM RI apalagi pada saat ini dimana pertama kalinya Menkum HAM merayakan hari ulang tahu di tanggal 19 Agustus yang semulanya pada 30 Oktober.

Penetapan tanggal itu telah melalui proses pengkajian, penelusuran sejarah dan bukti otentik dari hasil wawancara sesepuh, pakar hukum pada tahun 2021 lalu sehingga tentunya dapat dipertangungjwabkan.

Penetapan hari lahir Menkumham tersebut meluruskan dan mengembalikan subtansi hari lahir Kemenkumaham RI pada sejarah yang benar.

pada upacara peringatan ini perlu ditegaskan kepada seluruh insan pengayoman bahwa mendasari indek penguasan masyarakat di dalam pelayana publik kita harus tahu tugas utama yakni berkehasilan pembangunan dibidang hukum dan HAM, terpenting memperoleh kepercayaan pubik (public trust) dan memperoleh legitimasi masyrakat ditandai pemberitaan positif dan menurunnya publik konmplain dan pemberitaan negatif menerpa Kemenkum HAM.

Serta bertambahnya usai harus dimaknai dengan sebaiknya-sebaiknya mengingat 77 tahun bukan merupakan bilangan angka semata tapi dimaknai dan instropeksi diri mewujudkan Menkumham menjadi oganisasi kelas dunia.

“Kita bersyukur di usia yang sekarang telah banyak penghargaan diraih, ada dari ombudsman RI dan beberapa pencapaian. Maka dengan HDKD semoga Kemnekum HAM semakin pasti dan berakhlak untuk Indoensia maju dalam membangun, salam kebangsaan, merdeka,”.

Yopi Febrianda Kasi Kegiatan Kerja yang sekaligus merupakan ketua panitia peringatan HDKD Lapas Bagansiapiapi mengungkapkan pelaksanaan kegiatan yang digelar merupakan puncak dari rangkaian peringatan HDKD. Dimana lapas Bagansiapiapi telah mengelar rangkaian acara sejak awal Agustus dan untuk puncaknya berupa upacara serta kegiatan tasyakuran.

Untuk harapannya terang Yopi seperti arahan dari pimpinan bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih pasti lagi, pihak pemasyarakatn pelayanan terutama masyarakat yang merupakan warga binaan dan kedua masyarakat di luar yang merupakan keluarga warga binaan.

“Sehingga bersama-sama memberikan pelayanan yang lebih luas lagi kepada masyarakat,” terang Yopi.

Untuk kesan terangnya sangat membanggakan khususnya bagi petugas lapas Bagansiapiai dimana dengan kebersamaan, kekompakan kita selruh rangkaian HDKD dapat dilaksanakan dengan baik sehingga sampai akhir kegiatan berjalan lancar.

“Ini pertama dilaksanakan 19 agustus dimana sebelumnya jatuh di tanggal 30 oktober dengan keputusan menteri di tahun 2022 ini HDKD jatuh 19 agustus 2022,” pungkasnya. (Rli)

Related posts