Paripurna LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2021 Bentuk Pertanggungjawaban Publik

ROKAN HILIR – Agenda penyampaian paripurna LKPJ Bupati Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021, merupakan bentuk pertanggungjawaban pemda kepada publik yang dalam hal ini disampaikan kepada DPRD Rokan Hilir.

Dimana DPRD Rokan Hilir mengelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) pelaksanaan Tahun Anggaran (T.A) 2021 pada Senin (11/4/2022) sore.

Dalam kegiatan itu digelar di ruang paripurna DPRD Rohil, dipimpin langsung Ketua DPRD Rohil Maston didampingi para wakil ketua yakni Abdullah, Basiran Nur Efendi SE dan Hamzah SHI MM. Tampak para ketua fraksi, komisi, badan dan anggota DPRD Rohil.

Sementara Hadir Bupati Afrizal Sintong SIP, dan Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, serta seluruh jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dinas dan kantor di lingkungan Pemda Rohil.

Ketua DPRD Rohil Maston menyebutkan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab, dengan tata kelola yang efektif, efisien dalam pengelolaan pemerintahan yang baik maka kepala daerah wajib menyampaikan LKPJ.

LKPJ itu meliputi laporan penyelengaran pemerintah daerah, laporan keterangan pertangungjawaban penyelengaran pemerintah dan evaluasi penyelengaraan pemerintah daerah.

Sesuai ketentuan ayat 1 pasal 19 peraturan pemerintah, nomor 13 tahun 2016 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelengaran Pemda maka pemda wajib menyampaikan LKPJ ke dewan yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir dalam rapat paripurna berupa laporan memuat hasil penyelengaraan pemerintah, menyangkut pertangjawaban kinerja yang dilaksanakan pemda selama satu tahun anggaran. (Adv)

Related posts