Program Kamis Bersih Mendapatkan Dukungan Bersama

ROHIL – Pemerintah daerah Rokan Hilir menerapkan program Kamis Bersih sebagai bentuk kepedulian untuk mempertahankan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman. Pada gilirannya akan menunjnang untuk Kesehatan yang baik.
Untuk mendukung program gerakan Kamis Bersih yang telah dicanangkan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dan Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi Ssos Bersama PLT Dinas Kominfotiks Hermanto Ssos melakukan kegiatan gotong royong dan tanam pohon yang dilaksanakan di Jalan SMA Negeri 2 Bangko Kelurahan Bagan Hulu.

“Hari ini kami bersama warga jalan SMA Negeri 2 Bagan Hulu, melakukan kegiatan gotong royong dalam rangka gerakan kamis bersih Yang dicanangkan oleh bupati dan wabup, Alhamdulillah kami lihat antusias warga cukup luar biasa, kami bersama warga dengan tim Satgas, melakukan pembersihan dan menormalisasi Parit atau drainase yang ada di jalan SMA Negeri 2, termasuk juga sungai garam yang mulai menyempit akibat dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan liar,” kata Kepala DLH Rohil Suwandi.
Dirinya mengharapkan budaya gotong royong yang dilaksanakan dapat terus dijalankan secara berkesinambungan, setiap pekan dilaksanakan oleh warga, dan juga bisa di contoh dan ditiru oleh RT-RT lainnya yang ada di kecamatan Bangko.
Hal itu sebagai upaya bersama-sama terutama pada hari Kamis dapat diluangkan waktu sekitar satu atau dua jam, untuk membersihkan lingkungan RT-nya masing-masing.
Suwandi menambahkan, bahwa DLH sebagai leading sector kamis bersih siap membantu, dan mendukung serta mensupport setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh RT dan RW, apapun bentuknya termasuk juga tenaga petugas dari DLH disamping itu kalau memang butuh tanaman-tanaman DLH bisa siapkan tanamannya, terutama pohon pelindung atau pohon peneduh.
“Termasuk juga sekolah Yayasan Muhammadiyah, yang kondisinya cukup memprihatinkan halamannya semak dan banyak ditumbuhi rumput liar. Jadi kami tadi sudah panggil pengawas mesin rumput kita, supaya dibantu untuk dibersihkannya, dan kami juga sudah berbincang bincang dengan ibuk Kepala sekolahnya, untuk planning kedepan itu halamannya kita akan coba turunkan alat berat kita, untuk dibersihkan, itu nanti bisa ditanami pohon-pohon, dan juga bunga-bunga,” kata Suwandi.

Dalam kegiatan yang sama, PLT Kadis Kominfotiks Rohil Hermanto Ssos mengatakan, bahwa pemerintah daerah dibawah pimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rohil H Sulaiman memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada warga RT 026 Kelurahan Bagan Hulu.
“Atas nama pemerintah daerah dibawah pimpinan pak Bupati Afrizal Sintong dan H Sulaiman sangat mengapresiasi, dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga RT 026 Kelurahan Bagan Hulu ini. karena, menurut informasi antusias masyarakat dalam mendukung Program Kamis Bersih ini, sampai ada yang menunda kelaut, dan tentunya pemerintah sangat menghargai akan antusias masyarakat tersebut. mudah mudahan apa yang menjadi gerakan RT 026 ini menjadi contoh bagi RT RT dan RW, serta desa maupun kelurahan yang lain yang ada di Rohil,” kata Hermanto.
Ia menjelaskan program Kamis Bersih tersebut adalah merupakan program dari kita untuk kita, dimana dengan melaksanakan gotong royong tidak ada kepentingan kepentingan pribadi, tapi kepentingan bersama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih.
“Tentunya kebersihan ini penting dijaga oleh kita semua, karena dimana lingkungan kita, kitalah yang lebih tau, dan bagaimana kita bisa beradaptasi dengan lingkungan kita itu hanya kita yang tau. mudah mudahan dengan semangat ini ada kesadaran kolektif dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi buanglah sampah di tempat yang telah disediakan,” katanya. (Adv)

Related posts