Aktifitas Pelayanan Publik Berjalan dengan Baik

ROHIL – Pelayanan publik adalah merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh pemerintah yang dimulai dari pemerintah pusat, di daerah, maupun di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah.
Pelayanan publik itu pada dasarnya dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil) memastikan agar pelayanan publik bisa tercipta sesuai dengan regulasi yang berlaku.
Untuk memastikan bahwa hal itu telah berjalan dengan baik Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH melakukan peninjauan langsung bagaimana aktifitas dan pelayanan bagi publik, di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rohil yang terletak di jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.
Kunjungan wabup ke Dinas Perizinan tersebut guna memastikan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Dalam peninjauan yang dilakukan di ruangan pelayanan, wabup memberikan apresiasi atas sistem pelayanan yang diberikan dan di terapkan di DPMPTSP tersebut.
“Sistem pelayanannya sangat bagus, setiap petunjuk lengkap. Sehingga, masyarakat yang datang tidak perlu bertanya karena sudah ada petunjuk di setiap layanan, ” katanya.
Wabup memaparkan, sesuai dengan visi dan misi masa kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong bersama dirinya, pelayanan publik merupakan hal utama yang harus perbaiki.
Sebab katanya, pelayanan publik ini bersentuhan langsung dengan masyarakat luas. Sehingga, harus benar-benar berjalan dengan baik dan tidak berbelit-belit.
“Sistem pelayanan sudah bagus, saya minta ini terus di pertahankan bahkan ditingkatkan,” katanya. Pada peninjauan itu Kepala DPMPTSP Rohil Drs Acil Rustanto MSi secara langsung mendampingi wabup dan menyampaikan berbagai pemaparan berkaitan dengan sistem pelayanan di dinas tersebut.

Acil juga mengajak Wabup untuk meninjau setiap ruangan pelayanan hingga ke lantai tiga di DPMPTSP yang Ia pimpin. Disebutkan Acil pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil) melakukan berbagai langkah agar tercapai maksimalnya pelayanan bagi masyarakat, dengan konsep pelayanan yang berkualitas, transparan, cepat dan tepat. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rohil Drs Acil Rustianto MSi di Bagansiapiapi kemarin.
Acil mengatakan sesuai dengan perkembangan yang ada, diperkuat dengan berbagai aturan maka untuk pelayanan pada dasarnya harus mengedepankan aspek kemudahan dan cepat bagi masyarakat.
Untuk itulah maka pelayanan tersebut sebaiknya dipusatkan pada satu tempat tertentu, yang khusus serta mudah dijangkau oleh masyarakat.
“Maka perlu memang pelayanan tersebut sesuai dengan namanya bagaimana satu pintu, harus ada tempat yang dimana masyaraat ketika ingin mengurus sesuatu, misalnya perizinan maka dituntaskan di satu tempat saja,” kata Acil.
Pihaknya sejauh ini telah merencanakan hal tersebut dan berkolaborasi dengan berbagai dinas, instansi yang memiliki urusan terkait dengan perizinan.
Dengan konsep pelayanan yang terpadu, katanya maka untuk proses pengurusan lebih cepat, ini akan sangat membantu masyarakat terutama yang datang dari kecamatan yang jauh dari Bagansiapiapi. (Adv)

 

Related posts