Program PTSL Merupakan Kepedulian Reformasi Agraria

  • Whatsapp

ROHIL – Adanya program sertifikasi bidang tanah mendapatkan sambutan yang baik dan luas dari masyarakat. Apalagi bagi masyarakat yang selama ini belum memiliki sertifikat sebagaimana yang diharuskan oleh peraturan yang berlaku.

Fungsi sertifikat itu sangat penting mengingat merupakan alas hukum yang bisa dijadikan dasar kepemilikan tanah secara resmi. Selain itu dapat menekan terjadinya konflik yang menyangkut agrarian atau kepemilikan lahan. Pemerintah RI telah mendorong agenda sertifikasi lahan yang merupakan bagian dari reformasi agraria sebagai wujud kepedulian pemerintah agar warga negara mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

 Pemerintah daerah (Pemda) Rokan Hilir mendukung akan suksesnya program sertifikasi lahan yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rohil.

Hal itu dikatakan Pjs Bupati Rohil Rudyanto SH MSi pada saat kegiatan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis yang digelar di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar di Bagansiapiapi, baru-baru ini.

Kegiatan itu turut dihadiri kepala BPN Rohil HM Rocky Soenoko MSi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono SH MH, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MIPol, wakil ketua DPRD Basirun Nur Efendi dan sejumlah warga penerima sertifikat.

Terdapat sebanyak 1.284 sertifikat yang diserahkan kepada pemiliknya dengan total lahan mencapai ribuan hektare (ha), program untuk sertifikat tersebut ditanggung oleh negara melalui APBN.

“Diharapkan yang mendapat sertifikat kepemilikan tanah dapat digunakan dengan baik,” kata Pjs Bupati Rohil Rudyanto SH MSi. Menurut Rudyanto pada saat bersamaan di seluruh Indonesia, digelar pembagian sertifikat kepada rakyat yang dipusatkan di Jakarta sementara di daerah mengikuti secara virtual.

Program sertifikat tanah tersebut diketahui merupakan program presiden RI Joko Widodo agar semua tanah di Indonesia memiliki sertifikat sehingga dapat dipetakan dengan baik mengenai kepemilikan lahan. Sehingga secara tepat dapat diketahui lokasi tanah dan siapa pemiliknya. Program tersebut dinilai sangat bagus untuk rakyat khususnya daerah Rohil.

Kepala BPN Rohil HM Rocky Soenoko menerangkan Rohil menyerahkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sertifikat redistribusi dan sertifikat rumah ibadah/wakaf. Manfaat sertifikat katanya sangat penting karena menjelaskan siapa pemilik lahan disamping itu dapat mencegah adanya saling klaim, tumpeng tindih maupun mencegah konflik agrarian. (ADV)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *