Desa Mukti Jaya Raih Penghargaan Proklim Lestari

Tahun 2020 ini Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir berhasil meraih Penghargaan Proklim Lestari.

“Alhamdulillah untuk Proklim tahun 2020 kita mendapatkan Proklim Lestari yakni Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang,”kata Kadis DLH Rohil Suwandi melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Khoirul Amri ST.MSi.

Lanjut Khoirul lagi, untuk penghargaan akan diserahkan oleh Menteri LHK pada Jumat 23 Oktober 2020 mendatangan di Manggala Wanabakti Jakarta.

“Innsya Allah akan diterima oleh Penghulu Mukti Jaya Yuhono,”tambah Khoirul.

Diterangkan Khoirul lagi, Proklim Lestari ini hanya ada 6 lokasi yang mendapat penghargaan tahun 2020 ini.

“Salah satunya Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang. hal ini berdasar kan Verifikasi Proklim Lestari yang dilakukan secara Virtual pada tanggal 19 September 2020 yang lalu,”papar Khoirul lagi.

Khoirul menerangkan, bahwa Proklim Lestari adalah penghargaan yang diberikan kepada lokasi Proklim Utama yang secara berkelanjutan melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta berhasil membina minimal 10 lokasi Proklim yang telah mendapatkan Penghargaan dan tetdaftar di Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian perubahan Iklim di Kemen LHK.

“Proklim Mukti Jaya mendapatkan penghargaan Proklim Utama tahun 2012 dan merupakan Proklim pertama di Indonesia bersama 6 lokasi Proklim lainnya, ini merupakan satu-satunya Proklim utama diluar Jawa dan Bali pada tahun 2012 yang lalu,”ungkapnya. (Rls}

Related posts