by

Upaya Pemkab Rohil Meningkatkan Pembangunan Dalam Bidang Kesehatan dengan Pembangunan Puskesmas

ROKAN HILIR (ADV) – Pelayanan dalam bidang kesehatan terus ditingkatkan oleh pemerintah kabupaten Rohil, dimana pemkab telah maksimal dalam mengupayakan berbagai program pembangunan di daerah. Salah satunya terlihat dengan adanya program pembangunan puskesmas rawat inap yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Saat ini sudah terdapat puskesmas rawat inap di beberapa kecamatan, ini merupakan sebuah kemajuan bagi daerah karena pembangunan tidak hanya bertumpu pada APBD daerah.

Selain itu maka didukung dengan bertambahnya fasilitas kesehatan yang ada maka kualitas pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat juga semakin lebih baik lagi.

Bagaimana pelayanan bisa lebih maksimal dibandingkan sebelumnya dan dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Baru-baru ini puskesmas yang telah dibangun adalah puskesmas Bagansiapiapi di Jalan Jambu dan puskesmas Bagan Punak di daerah Batu Enam, Bagansiapiapi.

Pada 2020 ini akan dibangun lagi puskesmas yang bersumber dari DAK.

Terdapat dua lagi yang akan dibangun, satu di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas yang dikategorikan puskesmas rawat inap, nantinya dibangun dengan perlengkapan sarana prasarana ditambah dengan tiga unit rumah dinas.

Selain itu ada lagi yang akan dibangun di daerah Ujung Tanjung, Tanah Putih puskesmas dengan adanya Poli Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (Poned) untuk kesehatan ibu dan anak.

Itu dinilai tidak terlepas dari bukti nyata bahwa pemerintah semakin berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan dan kemudahan akses bagi masyarakat. Dirinya mengharapkan agar pembangunan tersebut nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Bupati Rohil H Suyatno mengapresiasi dengan pembangunan puskesmas yang ada, pasalnya selain dibangun dalam waktu yang relatif singkat, bentuk bangunan juga sangat indah.

Hal itu diutarakan bupati pada saat peresmian salah satu puskesmas di Kecamatan Bangko, Kamis (6/2/2020). Kegiatan peresmian sendiri dihadiri perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Ketua DPRD Rohil Maston, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, para pejabat Forkopimda, Pejabat Tinggi Pimpinan Pratama di Lingkungan Pemda Rohil, dan tokoh masyarakat.

Bupati menyampaikan terimakasih kepada pihak pemborong karena telah menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu.
Begitu juga selain dari pembanguna puskesmas yang telah rampung itu dibangun juga perumahan untuk dokter atau tenaga kesehatan yang bertugas di situ. Namun bupati mengingatkan kepada kepala puskesmas untuk dapat menjaga amanah dan kepercayaan selaku kepala puskesmas yang baru.

Menjaga keindahan dan kebersihan yang sudah ada, agar dipertahankan. Begitu juga sarana prasarana, inventaris kantor jangan sampai ada yang hilang karena ulah yang tak bertanggung jawab. Untuk itu kepada kepala puskesmas diminta untuk secepatnya dapat mempekerjakan petugas jaga dan petugas kebersihan.

“Pimpinan puskesmas di sini saya minta ketegasannya, harus ada yang menjaga, petugas kebersihan agar kondisi puskesmas tetap terjaga dengan baik,” kata bupati memberikan instruksi. Begitu juga tambahnya untuk pelayanan dalam bidang kesehatan harus dapat diutamakan kepada masyarakat luas.

Tidak boleh ada pelayanan yang sifatnya pilih kasih, maupun tidak berada di tempat pada saat masyarakat pasien membutuhkan penanganan dengan segera. (Adv)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *