Kapolres Rohil Sampaikan Kuliah Umum Tentang Radikalisme dan Dinobatkan sebagai warga Kampus

Kapolres Rohil AKBP M Mustofa SIK MSi memberikan Kuliah umum wawasan kebangsaan dalam rangka pencegahan radikalisme di kampus STAI Arridha pada Minggu 10 November 2019.

Pembina Ar Ridha Rusli SPdI SE MSi, Ketua STAI AR Ridha Budi Setiawan MPd. Kapolsek Bangko Kompol sasli Rais SH, dosen-dosen dan ratusan mahasiswa menghadiri.

Pembina Arridha Rusli Bersyukur baru pertama Kapolres berkunjung mudahan mengandung sejarah tersendiri. “Selamat datang ke kampus ini, kami bangga, terhormat semoga ada pencerahan,” ungkapnya.

Rusli menguraikan kampus berdiri 2010, namun telah dirintis sejak 2003 yang terdiri atas empat prodi dan mencetak 334 alumni terdapat di berbagai instansi kantor.

kehadiran Kapolres itu mendapatkan penghormatan dari keluarga besar kampus dan dinyatakan langsung oleh Rusli yakni dinobatkan sebagai warga kampus.

Pemaparannya Kapolres menguraikan tentang bahaya radikalisme yang berakibat merusak baik pada korban secara perorangan maupun tatanan kehidupan bangsa, menimbulkan keresahan dan ancaman luas.

Secara singkat dijabarkan penyebab timbulnya radikalisme karena Faktor ekonomi, Pemahaman yang salah, Merasa benar dan sebagainya.

Ciri ciri yang kasat mata dikenali dari perilaku seperti tidak mau menghormat bendera, Intoleran, gampang menyalahkan yang berbeda darinya, benci pada orang yang moderat, mendukung orgnisasi ekatrimis.

Indikator di lapangan dalam bentuk cenderung menyerang minoritas, cenderung anarkhis, seberangi dengan pemerintah dan sebagainya.

Langkah yang bisa dilakukan dengan mewaspadai pendatang, meningkatkan Sosialisasi bahaya paham radikalisme, Laporkan jika ada tindakan mencurigakan, kerjasama kordinasi perintah,organisasi bentukan pemerintah deradikalisasi.

Hal tsb mahasiswa bisa berperan dengan mewaspadai adanya radikalisme di tempat tinggalnya. //Jan//

Related posts